Disini kamu tidak akan menemukan semua hal tentang modernisasi, purifikasi, materialisasi, maupun kaki bau terasi.
Tapi kamu akan sangat tercengang setelah tau bahwa .... TERNYATA MASIH ADA YA CEWEK SE NDESO ITU...

Salam senyum
Cewek Ndeso

Minggu, Januari 04, 2009

Bus UK

Aku pulang kampung. Lagi? Oooh yeaaah,
Nggak terlalu respect banget sih kepulanganku kali ini. Soalnya baru dua minggu yang lalu aku udah jadi ndeso mlongo di kampung.
Yah, ngga penting lah aku nyeritain segala tetek bengek persiapan kepulanganku. Udah sering bolak-balik juga aku ke kampung.
Yang akan ku share di perjalananku muliaku menuju kampung halamanku ini adalah BIS nya. Yup, bis. Alias kendaraan mirip roti tawar berjalan.
Dan postingan ku kali ini pun dimulai saat si mas-mas-berkumis-lele penjaga loket tikes bis bilang:
“Wah, maaf mba. Yang AC udah penuh. Adanya yang ekonomi. Gimana mba?”
Dunia berguncang. Jantungku berdetak kencang, Ap ap apppaaa?? Ekonomi? Duuuuuh…
Yeah, bukannya aku sok berlagak nggak pernah mau naek bis ekonomi. Tapi pengalamanku yang sangat tidak menyenangkan dengan bis ekonomi sebelumnyalah yang bikin aku butuh 10 menit untuk memastikan jadi tidaknya aku berangkat.
Oke ndo, kamu punya beberapa pilihan.
Pilihan pertama: sumpek-sumpekkan di bis ekonomi.
Pilihan kedua: pulang nanti malam tapi bakal tua di jalan gara-gara macet (long holiday, bo!).
Atau pilihan ketiga: tarik kumis lele nya si mas-mas penjual tiket sambil nodongin gunting rumput ke wajahnya, trus tereak; “Cepat segera kosongkan satu kursi di bis AC untukku atau kumis lele mu bakal kujadikan kumis kuda nil!!”
Aku, adalah cewek ndeso yang baik dan slalu pasrah pada keadaan. Dengan amat sangat terpaksa aku pilih….
NAEK BIS EKONOMI. Yihaaa…
Pas aku mau nyodorin duit buat mbayar tiket, Si kumis lele ngomong lagi:
“Duduknya di paling belakang ya mba!”
Perfect. Rasanya aku jadi pengen nyari gunting rumput saat itu juga.
Dengan langkah gontai-kegedean-pantat aku berjalan menuju bis.
Pertama kali masuk bis ekonomi itu, sebuah unusual view menyambutku. ADA MOTOR DI DALEM BIS.
Wagagaga, sebenarnya kendaraan apa yang akan kunaiki kali ini?
Satu jam pertama di dalam bis masih bisa kunikmati. Aku ndengerin MP3 sambil mbaca blog-blog orang pake Sony Ericsson jadulku.
Satu jam kedua, mulai tak terasa nyaman. Bisnya tiba-tiba menaikkan penumpang sembarangan di tengah jalan, walhasil banyak penumpang yang ngga kebagian tempat duduk dan TERPAKSA berdiri.
What? Berdiri? Beneran mau berdiri sampe Tegal? Mataku berkaca-kaca melihat penumpang yang berdiri. Aku bisa merasakan penderitaan mereka. Hikz.. Oooowhhh…
Satu jam ketiga aku jadi tambah pengen nangis ngeliat penderitaan mereka ketika tiba-tiba bis ngga bisa gerak karena macet. Macetnya parah gila, bisnya bener-bener ga jalan sekitar 30 menit. Bis jadi kayak microwave, dan aku kayak macaroni. You could guess my feel at that time? Pengen ngejejelin supir bisnya pake sepatu!!!
Tampangku saat itu udah susah dideskripsikan dengan kata-kata; hitam, pucat, banjir keringat, dan urat muka yang terkekuk-tekuk sedemikian rupa; intinya: AKU KAYAK KUDA NIL MAKAN GAJAH.
Bapak-bapak yang duduk disebelahku mungkin merasa kasihan (atau takut?) ngeliat tampangku kayak gitu. Beliau nyodorin Koran yang dari tadi dia pegang.
“Nih dek, buat kipasan”.
Aku terharu. Ternyata di bis yang busuk ini masih ada orang berhati malaikat.
Jadilah Koran itu sebagai alat “pembuat angin”, yah lumayanlah untuk mengurangi perasaan bagai macaroni panggang tadi. Kukibaskan Koran berusaha menciptakan angin. Aku punya kebiasaan yang kubawa sejak aku mulai bisa membaca adalah, mataku pasti otomatis membaca semua tulisan yang kulihat. Sepintas aku melihat tulisan di Koran yang aku pegang, saraf otakku pun langsung otomatis membaca. Jantungku nge-rap.
Dan mataku langsung pengen loncat keluar.
“Ingin P*N*S Anda Lebih Panjang?”
Selanjutnya mataku otomatis menangkap gambar-gambar cewek-pelit-beli-bahan-bikin-baju. Sepersekian detik berikutnya aku sadar, Koran yang kupegang ini adalah KORAN CABUL, *you know, sejenis Koran Red Lamp gitu deh.
Aaaaarrggghh, tidaaaak…
Lengkap sudah deritaku.
1. Terperangkap dalam bis bau (mix antara bau keringet, asap rokok, bau muntahan anak kecil, dan bau pesing di pojok belakang. *heran) dan panas.
2. Isi perutku kayak diaduk-aduk tornado (sepanjang jalan jadi ngga bisa makan apapun), wajahku jadi belepotan asap knalpot, dan bajuku lepek keringet.
3. Duduk di sebelah bapak-bapak bertampang malaikat tapi berhati cabul. Oh yeah, ini yang paling aku takutkan.
Aku gulung-gulung Koran itu supaya gambar dan tulisannya ngga bisa kebaca lagi. Sumpah, megang Koran ini berasa megang eek kerbau. Risih. Aku jadi ngerasa serem sama bapak-bapak disebelahku ini.
Tapi 1 jam berikutnya aku baru tau kalo ternyata bapak-bapak ngga sejahat yang aku kira. Dia yang teriak paling keras, pas ngeliat ada ibu nggendong bayi yang ikut berdiri.
“Hei mas, kasih tempat buat ibu ini! Dia mbawa bayi. Cepetan! Ngga kasihan apa sama ibu ini?”
Demi melihat adegan ksatria bapak itu, ketakutanku sama bapak itu pun mulai berkurang. Well, sesungguhnya setiap orang punya good side-nya kok.
Oh ya, aku selalu berusaha mengambil hikmah di setiap kejadian yang aku alami, sepahit apa pun kejadian itu. Hikmahnya adalah, ternyata memang benar: Doa orang yang sedang dalam perjalanan, Insya Allah didengar.
Aku berdoa semoga matahari jangan bersinar terik, dan Allah memberiku mendung pada setengah perjalananku.
Aku berdoa semoga diberi kelancaran perjalanan waktu lagi parah macetnya, dan Allah memberi kelancaran dari macet sehabis aku berdoa.
Aku berdoa semoga diberi hujan ketika cuaca dalam bis mulai panas, dan Allah memberi hujan.
Kesimpulannya, jika kamu sulit jodoh, mintalah jodoh ketika sedang di atas kendaraan. Hulaaaa…
Singkat cerita, aku nyampe terminal tegal jam 4 sore. Perjalanan 8 jam udah berasa kayak 8 tahun.
Aku minta dijemput adekku di terminal Tegal. Pas udah di mobil, adekku nanya: “Kok mukanya jadi item banget kayak gitu mbak?”
Aku jawab, “Huh, tadi mbak naek bis ekonomi”.
Sesaat adekku melongo trus tiba-tiba ngakak. Wahahaha…
SIAL.

1 komentar:

My VoiCe mengatakan...

oh sungguh menyedihkan kisah hidup cwe ndeso ni,mkny bu sgla ssuat hrz d per5iapkan klu mu plg p5n txt jg hr ha.. hehe.. y ber5usah2 dl lah br br5ng2 dg keluarga..

yihaaaa,, I'm a suPer wOmen NdesO

yihaaaa,, I'm a suPer wOmen NdesO
karang di Pantai Baron, Jogja

hei, he's not my prince

hei, he's not  my prince
di Masjid UGM

di kampus kuning

di kampus kuning